Paket Tirtayatra Ke Nusa Penida

  • Pura Dalem Ped
    PURA PUNCAK MUNDI

Tirtayatara ke Nusa Penida Tahun Ini

Akhir-akhir ini sedang lagi trennya masyarakat Hindu di Bali melakukan Tirtayatra. Tujuannyapun beraneka macam, beberapa umat mempunyai tujuan hanya untuk sembahyang. Ada juga beberapa yang mempunyai tujuan yang lain yitu untuk memperoleh kesembuhan atas petunjuk dari orang pintar dan lain-lain. Sesungguhnya apasih hakekat daripada Tirtayatra?

Tirtayatra berasal dari kata tirta dan Yatra. Tirta menurut kamus bahasa sansekerta dan menurut para ahli mempunyai arti air suci sedangkan yatra berarti perjalanan suci. Jadi Tirtayatra merupakan perjalanan untuk memperoleh kesempurnaan atau kesucian hati, pikiran dan jiwa.
Tirtayatra telah dilaksanakan oleh masyarakat Hindu Bali semenjak dahulu kala. Tetapi, seiring dengan perkembangan dan naiknya level kemakmuran, maka dari itu bangunan suci yang menjadi target untuk tirtayatra semakin banyak. Masyarakat lebih meyakini bahwa Tirtayatra merupakan suatu korban suci yang sangat gampang dilaksanakan. Sebab Tirtayatra bisa dilaksanakan oleh seluruh kalangan masyarakat Hindu.

selanjutnya dijelaskan bahwa petualangan suci atau Tirtayatra bukan merupakan petualangan biasa untuk hanya sekedar sembahyang, tetapi selama perjalanan terselip berbagai cobaan yang membutuhkan pengendalian diri dan penguasaan diri. Ketika pelaksanaan Tirtayatra, selama perjalanan antara pemedek yang satu dengan yang lainnya terjadi interaksi sosial yang dapat mempererat hubungan antara masyarakat Hindu di Bali
Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh masyarakat Hindu pada saat melaksanakan kegiatan Tirtayatra. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut: masyakat mengenal ada berapa banyak bangunan suci yang terdapat di Bali, Masyarakat Hindu jadi lebih mengenal keadaan masing-masing pura yang ada di seluruh Bali, melalui Tirtayatra manfaat yang paling utama adalah semakin dekatnya hubungan antara masyarakat Hindu dengan Tuhan sang pencipta alam semesta ini, hal ini tentu akan membuat kualitas hidup masyarakat Hindu di Bali akan makin meningkat dan berkembang, terutama di bidang kecerdasan spiritualitas.
Tidak hanya itu saja Tirta yatra akan mampu membuat kepedulian antar sesama mahkluk hidup di bumi ini, mempertajam kemampuan berekspresi di bidang seni dan keseimbangan jiwa dan raga. Kegiatan ini dilaksanakan secara mudah dan gampang, yaitu dengan metode yang sangat gampang utuk mencapai kesucian hati, pikiran dan jiwa. Dengan bertirtayatra juga akan mampu menumbuhkan kekuatan dalam diri setiap umat Hindu untuk meyakini kemahakuasaan Tuhan Hyang Maha Esa.
Umat Hindu juga mengenal istilah Darmayatra, Darmayatra merupakan sebutan lain selain tirtayatra. Namun Darmayatra merupakan istilah yang tepat dipakai untuk umat hindu dalam perjalanannya mengarungi bumi ini yang disertai dengan menyebarkan ajaran-ajaran kebenaran (darma). dapat juga diurakan menjadi Darma dan Yatra. Darma berarti kebenaran, yatra Perjalanan suci.
Karena Tirtayatra merupakan perjalanan suci, maka dari itu dalam pelaksanaanya memerlukan perencanaan yang sangat matang. Dalam perjalanan suci ini tidak boleh grasa-grusu asal jalan, ini bukan perjalanan liburan melainkan perjalanan memohon anugerah kebersihan hati pikiran dan jiwa. perencanaan dilakukan minimal sebulan sebelum perjalanan, tergantung tempat suci yang akan dituju. Untuk tempat suci yang ada di Nusa Penida misalnya, untuk bertirtayatra ke Pulau ini umat Hindu hendaknya merencanakannya jauh-jauh hari, karena untuk mencapai pulau ini umat Hindu di Bali harus menyeberangi laut dengan menggunakan Speed Boat.

Bagi umat Hindu yang berada di bali yang belum sempat tirtayatra ke Nusa Penida, hendaknya dari sekarang mulai memikirkan atau merencanakan untuk bertirtayatra ke pulau ini. Nusa Penida merupakan kecamatan yang terdapat di Kabupaten Klungkung. Dimana kecamatan ini terdiri dari tiga pulau yaitu pulau Nusa Gede, Pulau Ceningan, dan Pulau Lembongan. Di Nusa Gede terdapat beberapa tempat suci yang sudah dikenal oleh umat Hindu di Bali diantaranya: Pura Puncak Mundi, Pura Dalem Ped, Pura Goa Giri Putri, Pura Paluang (Pura Mobil), Pura Dalem Bias Muntig, Pura Batu Medau, dan masih banyak lagi pura-pura lainnya yang belum dikenal oleh masayarakat hindu. Semua tempat suci tersebut memiliki sejarah yang berbeda-beda namun secara umum masih memiliki keterkaitan. Kemudia di Pulau Lembongan dan Ceningan terdapat juga tempat suci yang sudah dikenal oleh masyarakat Hindu yang ada di Bali. Berikut tempat-tempat suci yang dimaksud adalah sebagai berikut: Pura Bakung (berada di Ceningan), Pura Batu lawang (berada di Ceningan), Pura Majapahit (berada di Ceningan), Pura Puaji (berada di Pulau Lembongan, desa Jungutbatu).
Bagi Masyarakat Hindu yang gemar melakukan perjalanan suci ini (Tirtayatra) ke Nusa Penida bisa hubungi kami untuk mempermudah akomodasi perjalanan anda.

Kami menyediakan berbagai paket Tirtayatra ke nusa penida:

1. Paket Tirta Yatra 2 lokasi (Pura Giri Putri dan Pura Ped)

Paket sudah termasuk:

  • Tiket Return fastboat Sanur-Nusa Penida
  • Transport Mobil AC
  • Lunch box , air mineral

Harga paket:

Rp. 300.000/Orang (Min. 5 orang)

 

2. Paket Tirta Yatra 3 lokasi (Pura Giri Putri, Pura Puncak Mundi dan Pura Ped)

Paket sudah termasuk:

  • Tiket Return fastboat Sanur-Nusa Penida
  • Transport Mobil AC
  • Lunch box
  • air mineral

Harga paket:

  • Rp. 350.000/Orang (Min. 5 orang)
  • Rp. 600.000/Orang (include penginapan (Min. 5 orang)

 

3. Paket Tirta Yatra 4 lokasi (Pura Giri Putri, Pura Puncak Mundi, Pura Paluang/Pura Mobil dan Pura Ped)

Paket sudah termasuk:

  • Tiket Return fastboat Sanur-Nusa Penida
  • Transport Mobil AC
  • Lunch box ,
  • air mineral

Harga paket:

  • Rp. 400.000/Orang (Min. 5 orang)
  • Rp. 650.000/Orang (include penginapan (Min. 5 orang)

4. CARA PEMESANAN PAKET

Hubungi kami via Whatsapp, email, sms atau telpon untuk pengecekan ketersediaan. Setelah mendapatkan konfirmasi ketersediaan, silahkan melakukan pembayaran DP (tanda jadi 30% dari Harga Paket). sisanya dibayarkan saat sudah tiba di Nusa Penida kepada Guiade/Driver.

Setelah melakukan pembayaran di Rekening Bank, silahkan kirim foto bukti pembayran via WhatsApp.
HUBUNGI KAMI

Ada Pertanyaan? klik logo WA

: 081239448515

:nusapenidalembongan@gmail.com

REKENING PEMBAYARAN

Hasil gambar untuk logo bank BRI

No Rekening: 098401007496501

Nama: Ni Gede Parni

Alamat: Dusun Baledan, Desa Klumpu, Klungkung